Promo Pena

Ditengah Pandemi Covid-19, BI Dorong UMKM Sultra Lewat Platform Ayomibeli.com

PENASULTRA.ID, KENDARI – Pandemi Covid-19 telah memukul berbagai sektor ekonomi, termasuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Banyak di antaranya yang terpaksa harus gulung tikar atau mengalami penurunan penjualan signifikan.

Melihat hal tersebut, Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama pemerintah daerah (pemda) menghadirkan langkah kongrit untuk menyelamatkan UMKM. Termasuk mendorong terciptanya UMKM baru sebagai kekuatan perekonomian daerah ataupun nasional lewat platform Ayomibeli.com.

Kepala Perwakilan (KPw) BI Sultra, Suharman Tabrani mengatakan, kreativitas, digitalisasi dan sinergi merupakan kunci untuk menciptakan nilai tambah dalam memajukan UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian daerah ataupun nasional di era digital.

Pertama, kreativitas dengan meningkatkan nilai tambah produk UMKM. Kemudian dedua, digitalisasi melalui inisiasi UMKM Go Digital dan integrasi ekonomi keuangan digital melalui infrastruktur sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan andal.

“Ketiga, sinergi kebijakan nasional pusat dan daerah dengan memprioritaskan sektor-sektor, memperkuat model bisnis yang terintegrasi, dan secara end to end mendorong kemajuan UMKM,” kata Suharman melalui rilis persnya, Rabu 4 November 2020.

Menurutnya, pandemi COVID-19 yang terjadi dapat menjadi momentum bagi UMKM untuk mengakselerasi penggunaan teknologi digital dalam bisnis, khususnya optimalisasi pemasaran digital melalui platform e-commerce.

“Untuk itu kita hadirkan platform pemasaran digital yakni ayomibeli.com yang berisi berbagai produk unggulan UMKM lokal Sultra,” beber Suharman.

Platform ecommerce ayomibeli.com, katanya, direncanakan akan di launching pada kegiatan Ayomibeli Digital Festival pada 7-8 November 2020 mendatang.

Kegiatan tersebut akan dikemas secara virtual untuk memitigasi penyebaran Covid-19 yang berdasarkan statistik masih mengalami peningkatan.

“Kegiatan ini juga akan menghadirkan talkshow dengan pembicara menarik seperti Jusuf Kalla dan Rex Mariando, founder warung upnormal dan foodizz, serta dimoderatori oleh Nycta Gina,” tambah Suharman.

Ayomibeli Digital Festival juga semakin dimeriahkan dengan live expo UMKM, Fashion Show menggunakan tenun lokal, latte art competition dan special performance dari Budi Doremi serta berbagai perlombaan dengan total hadiah jutaan rupiah.

“Kami mengajak masyarakat untuk menggunakan platform ayomibeli.com untuk membantu meningkatkan kesejahteraan UMKM lokal Sultra,” jelasnya.

“Kedepan, BI Sultra akan selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM agar dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan nasional, serta bersinergi dengan berbagai instansi dan lembaga,” tutup Suharman.

Penulis: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.