Promo Pena

Strategi Pertamina Bantu Pemerintah Cegah Penyebaran Covid-19

PENASULTRA.ID, KENDARI – Sejak Maret 2020 lalu, Indonesia termasuk Sulawesi Tenggara (Sultra) diselimuti wabah virus corona atau Covid-19.

Berbagai upaya dilakukan semua pihak guna membantu pemerintah dalam memutus mata rantai virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

Sepeti yang dilakukan PT. Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII Guna memutus mata penyebaran virus mematikan itu, Pertamina menggagas Desa Siaga Covid-19 disekitar wilayah operasi.

Di Sultra, wilayah yang terpilih dijadikan sebagai Desa Siaga Covid-19 yakni Baubau, tepatnya di Kelurahan Lipu (FT Baubau)

Unit Manager Comm, Rel & CSR MOR VII Pertamina, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan, di Desa Siaga Covid-19 tersebut, pihaknya mengedukasi masyarakat agar tak mengabaikan protokol kesehatan. Apalagi hingga saat ini angka kasus positif Covid-19 terus meningkat.

Menurutnya, dalam program ini, komunitas masyarakat didesa tersebut diajak memproduksi masker dan hand sanitizer. Tak sedikit masyarakat juga memproduksi face shield sendiri.

Hasil produksi tersebut dibeli Pertamina dan dibagikan kepada masyarakat kembali dalam bentuk bantuan.

“Disetiap lokasi publik dan strategis kami berikan bantuan wastafel portable lengkap dengan tandon airnya dan memasang spanduk himbauan adaptasi kebiasaan baru seperti senantiasa menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain dan mematuhi etika batuk bersin dan berbicara,” kata La Ode, September 2020 lalu.

Tak hanya menghadirkan Desa Siaga Covid-19. Pada April 2020 lalu Pertamina bersama Himpunan Wiraswasta (Hiswana) Minyak dan Gas Bumi (Migas) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Wilayah IV Sultra telah membagikan masker dan sarung tangan gratis kepada petugas pelanggan di area Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Covid-19 Pemprov
Pembagian masker dan sarung tangan dari pihak Pertamina dan Hiswana Migas Sultra. Foto: Istimewa
Promo Pena

Sales Branch Manager VII Sulseltra Pertamina, Mahdi Syafar mengatakan, para operator SPBU merupakan garda terdepan dalam melakukan pelayanan umum. Untuk itu, pihaknya harus memastikan seluruh karyawan yang bertugas tetap dalam kondisi safety.

“Iya, karena mereka ini kan yang berkontak langsung dengan masyarakat, sehingga sangat rentan akan terapapar virus,” kata Mahdi usai mebagikan masker, Sabtu 4 April 2020 lalu.

Ia menegaskan, pelayanan Pertamina dipastikan tetap beroperasi normal, meski kondisi pasar yang lesuh akibat wabah virus corona. Sehingga ia meminta masyarakat tak panik akan ketersediaan BBM dan LPG.

“Memang kami rasakan terjadi penurunan omset rata-rata 20 hingga 30 persen, namun hiswana sebagai pemilik usaha SPBU dan agen LPG memastikan pelayanan kebutuhan bakar dan tabung gas tetap ada,” ujar Mahdi.

Senada, Sekretaris Hiswana Migas DPC Wilayah IV Sultra, Fahd Atsur mengatakan, bantuan masker dan sarung tangan tersebut akan didistribusikan di 50 SPBU se-Sultra.

Untuk yang berada di luar Kota Kendari, bantuan tersebut akan didistribusikan melalui Depo Pertaminan ataupun dapat diambil langsung di Sekretariat Hiswana Migas Sultra.

“Iya, hari ini pembagiannya baru simbolis. Bagi SPBU yang di luar Kendari, masker dan sarung tangan ini juga akan didistribusikan, baik melalui SBM atau bisa juga melalui Depo Pertamina,” tutup Fahd.

Selain sarung tangan dan masker, Pertamina bersama Hiswana Migas DPC Wilayah IV Sultra bahkan memberikan bantuan berupa paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Sales Branch Manager VII Sulseltra Pertamina, Mahdi Syafar mengatakan, tujuan dari pemberian bantuan ini untuk membantu dan meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19. Apalagi, saat ini sudah mendekati bulan suci ramadhan.

Penyerahan bantuan paket sembako kepada warga di Kelurahan Lapulu Kendari oleh PT. Pertamina bersama Hiswana Migas Sultra. Foto: Yeni Marinda
Penyerahan bantuan paket sembako kepada warga di Kelurahan Lapulu Kendari oleh PT. Pertamina bersama Hiswana Migas Sultra. Foto: Yeni Marinda

“Semakin dekat bulan suci Ramadhan maka masayarakat pasti sangat membutuhkan sembako,” kata Mahdi saat diwawncarai sesaat sebelum paket sembako disalurkan.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan rangakaian dari kegiatan sebelumnya yakni membagi-bagikan masker di beberapa SPBU di Kendari.

Senada, Ketua Hiswana Migas DPC IV Sultra, H. Rahman Latjinta mengatakan, pihaknya membagikan 710 paket sembako yang tersebar di empat kelurahan di Kendari, yakni di Kelurahan Lapulu Kecamatan Abeli. Kemudian Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga. Lalu Kelurahan Kandai serta Kelurahan Kasilampe di Kecamatan Kendari.

Sementara itu, Ketau RT 20 RW 8, Kelurahan Korumba, Kecatan Mandonga, Baharuddin Baddu berharap apa yang dilakukan PT Pertamina dan Hiswana Migas Sultra dapat menjadi acuan atau contoh bagi pihak lainnya.

“Terimakasih atas bantuannya. Semoga ini menjadi acuan bagi pihak lain agar ikut melakukan hal yang sama,” tutupnya.

Penulis: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.