Promo Pena

Pabrik Gula di Bombana Kini Tercover Layanan 4G LTE Telkomsel

PENASULTRA.ID, KENDARI – Telkomsel terus berupaya menghadirkan akses 4G LTE diseluruh wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra). Termasuk di wilayah tertinggal, terdepan dan terpencil (3T) agar pemanfaatan jaringan internet terkini semakin tersebar luas dan merata.

Kali ini, pabrik gula PT. Prima Alam Gemilang (PAG) di Kabupaten Bombana telah tercover 4G atau jaringan internet dengan signal yang kuat dari Telkomsel.

Pabrik yang berkapasitas giling hingga 12.000 ton cane per day (TCD) merupakan pabrik gula dengan jumlah produksi terbesar di Indonesia yang didukung sumber bahan baku area tebu sekitar 20.000 hektare.

Manager Network Service Telkomsel Kendari, Teksan Ismail mengatakan, untuk saat ini baru satu Base Transceiver Station (BTS) yang dibangun untuk mengcover pabrik dan kantor PT. PAG.

“Baru satu site. Wilayah perkebunan tebu sangat luas sehingga idealnya lebih dari satu site. Tapi semua tergantung permintaan corporate atau perusahaan, karena setiap penambahan site, ada perhitungan bisnisnya lagi,” kata Teksan melalui pesan WhatsAppnya, Rabu 21 Oktober 2020.

Menurutnya, pembangunan site di pabrik gula merupakan kerjasama Bussines to Bussines (B2B) antara Telkomsel dengan PT. PAG.

Dimana PT. PAG melaksanakan kontrak selama tiga tahun dengan pembayaran sebesar jumlah tertentu yang disyaratkan oleh Telkomsel.

“Tower serta listrik juga disediakan oleh PAG. Sementara Telkomsel memasang perangkat BTS, rectifier dan transportnya. Dipasangnya pada 19 Oktober 2020 lalu, langsung on air malam itu juga,” beber Teksan.

Ia mengaku, pembangunan site tersebut merupakan kebutuhan corporate, agar signal telekomunikasi selular diwilayah pabrik lebih cepat.

“Signal secara umum sangat kecil bahkan blank spot atau area yang tidak terjangkau signal. Setelah on airnya BTS, signal penuh dengan kualitas bagus,” tegas Teksan.

Ia berharap, pihaknya dapat melayani pelanggan corporate dengan signal 4G. Sehingga kerjasama dapat ditingkatkan dimasa depan.

“Untuk perusahaan lain, Telkomsel membuka ruang untuk kerjasama dengan medote yang sama seperti PAG. Dengan beberapa bisnis yang lain, baik di sektor pertambangan, perkebunan dan lain-lain,” tutup Teksan.

Penulis: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.