Promo Pena

Simak, Tujuh Tips Aman Bertransaksi Keuangan Secara Online dari OJK

PENASULTRA.ID, KENDARI – Kejahatan dalam transaksi keuangan secara online terus berkembang seiring pesatnya perkembangan teknologi.

Untuk itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan tujuh tips aman bertransaksi keuangan secara online.

Kepala OJK Sulawesi Tenggara (Sultra) Muhammad Fredly Nasution mengatakan, secara umum masyarakat banyak menggunakan layanan internet dan mobile bangking dalam bertransaksi keuangan.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19, semua dianjurkan untuk mengurangi aktivitas tatap muka.

Olehnya, masyarakat dapat melakukan tujuh hal tips ini agar tetap aman dalam bertransaksi keuangan secara online.

Pertama, jangan memberikan PIN/OTP kepada siapapun, termasuk oknum yang mengaku sebagai pegawai bank. Ingat bahwa Bank tidak pernah meminta PIN/OTP dari konsumen.

“Kedua, rutin mengganti PIN/password secara berkala agar terhindar dari peretasan,” jelas Fredly.

Kemudian ketiga, hindari akses menggunakan wifi publik, gunakan jaringan internet yang aman ketika melakukan transaksi dan pastikan log-out setelah bertransaksi.

“Keempat aktifkan notifikasi transaksi baik melalui SMS atau email. Selalu pantau notifikasi yang muncul. Jika ada yang mencurigakan segera hubungi bank,” beber Fredly.

Lalu, katanya, apabila ingin mengganti/menjual ponsel atau komputer, pastikan jejak keuangan di perangkat yang lama sudah terhapus dengan benar serta pastikan mengunduh aplikasi/mengakses internet bangking pada situs bank yang resmi.

Terakhir, jika tiba-tiba tidak bisa menggunakan ponsel, segera laporkan ke penerbit kartu seluler untuk menghindari cloning sim card.

“Ketika menggunakan layanan internet atau mobile bangking, masyarakat senantiasa meningkatkan kewaspadaan dalam mengelola nomor telepon seluler yang dipakai menjaga kerahasian data pribadi,” tukas Fredly.

Penulis: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.