Promo Pena

ASENSI Dukung Pelaku UMKM Go Digital Lewat ILBE 2020

PENASULTRA.ID, JAKARTA – Indonesia Local Brands Expo (ILBE) 2020 masih berlangsung ditengah mewabahnya pandemi Covid-19 saat ini.

Covid-19 Pemprov

Kegiatan yang digagas oleh Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) ini merupakan terobosan untuk mempercepat digitalisasi produk merek lokal usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) anak bangsa, sekaligus membangkitkan usaha yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Dengan adanya ILBE 2020 yang mulai terselenggara pada 20 November hingga 7 Desember 2020 ini diharapkan para pelaku UMKM dapat memaksimalkan potensi digital seiring dengan infrastruktur pendukungnya yang mulai memadai.

Dalam catatan pemerintah sebagaimana disampaikan Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto di Jakarta, Jumat, 20 November 2020, terdapat 160 juta penduduk di Indonesia aktif berdagang online di e-commerce. Dengan angka tersebut, nilai penjualan di 2020 mencapai Rp446,7 juta triliun.

“Nominal ini meningkat 400 persen dibandingkan tahun 2017 di posisi Rp124,9 triliun. Sebanyak 63 persen, atau 168,3 juta populasi penduduk Indonesia aktif menggunakan internet,” kata Agus saat memberikan sambutan pembukaan Pameran Virtual ILBE 2020.

Menurut Agus, pameran ILBE 2020 akan sangat membantu para pelaku UMKM, lisensi dan waralaba menuju digitalisasi. Terlebih platform bagi pelaku UMKM, waralaba dan lisensi telah disediakan oleh penyelenggara pameran.

Agus mengatakan, terkait pola usaha lisensi yang mengajarkan para pelaku UMKM untuk mengerti dan memahami sekaligus menghargai Hak Kekayaan Intelektual (HKI), sebagai dasar skema bisnis lisensi atau waralaba.

“Perbedaan jelas yang mendasari skema bisnis lisensi dan waralaba, di mana lisensi berfokus pada Hak Kekayaan Intelektual, para pelaku usaha dapat memakai aset yang dimiliki pemilik lisensi dengan metode dan cara mereka sendiri untuk memaksimalkan penjualan sesuai dengan perjanjian lisensi.  Sedangkan waralaba fokus pada sistem bisnis yang dimiliki pemilik waralaba dan waralaba memiliki peraturan yang sangat ketat, di mana ada jaminan kualitas barang dan jasa di setiap gerai harus sama,” jelas Agus.

Promo Pena
Pameran ILBE 2020

Sejalan dengan hal tersebut, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menambahkan, digitalisasi menjadi opsi yang tepat bagi para pelaku UMKM ditengah pandemi Covid-19.

“Karena bagaimana pun saat ini semua sektor harus terhubung dengan sistem digital. Untuk itu kita mengapresiasi penyelenggaraan event Indonesia Digital Trade Show-Indonesia Local Brand,” kata Teten.

Pameran yang diberi label ILBE ini pertama kali digelar ASENSI setelah ASENSI mengadakan Gerakan Support Local Brands beberapa waktu lalu. Rencananya, pameran ini akan menjadi event rutin untuk mendukung program pemerintah memajukan perekonomian bangsa melalui penguatan merek lokal dan kapasitas UMKM di Indonesia.

Ketua Umum ASENSI yang juga dinobatkan sebagai Ratu Waralaba dan dianugrahi Ratu Lisensi Kuliner Indonesia, Susanty Widjaya optimis kehadiran Indonesia Digital Trade Show in conjunction with Indonesia Local Brands Expo 2020 ini dapat membangkitkan semangat para pelaku UMKM diberbagai sektor, serta bisa mendukung percepatan digitalisasi produk-produk pelaku UMKM yang selama ini masih belum dimaksimalkan.

“Dengan begitu, kita berharap pelaku usaha nasional ini mampu menembus pasar digital menuju persaingan global. Karena kita ketahui bersama bahwa potensi pasar digital ini sangatlah besar dan ditengah pandemi Covid-19 ini sangat terasa bahwa pelaku usaha sangat butuh itu,” kata Susanty Widjaya.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Muhammad Neil El Hilman, mewakili Menparekraf, turut pula memberi dukungan kepada para pelaku usaha industri kreatif.

“Kami memfasilitasi 24 jenama binaan kami. Kami hadirkan para jenama dari sub sektor kuliner, fashion, dan kriya di Pavillion Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kami berharap pameran Indonesia Digital Trade Show in conjunction with Indonesia Local Brands Expo (ILBE) ini dapat turut menjadi bagian dalam pemulihan perekonomian nasional, peningkatan tingkat konsumsi domestik, serta memperkuat program pemerintah yakni gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI),” kata Neil.

Sekedar informasi, sejumlah perusahaan BUMN, merek ternama dan lisensi lokal pun yang sebagian besar menjadi member ASENSI turut berpartisipasi dan bangga mendukung pameran virtual expo Indonesia Digital Trade Show In conjunction with Indonesia Local Brands Expo 2020. Di antaranya Bank BCA, TBK selaku Official Bank Partner, Blibli, Sicepat, Mustika Ratu, Alleira Batik, Dialogue, LinkAja, MyAdsTelkomsel, Oxygen, Pertamina, Rumah BUMN, KA Wisata dan Garuda Indonesia selaku airlines partner di dalam event tersebut.(*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.